TFC X

Subscribe:

Selasa, 22 Juli 2014

Observasi 2014 ke Kapal Riset Baruna Jaya VIII

Holaaa apa kabar semua? Hari ini admin bakal membahas tentang observasi KIR SMAN 1 Tambun Selatan ke Kapal Riset Baruna Jaya VIII di Pelabuhan Muara Baru Jakarta. Kami melakukan observasi tersebut tepatnya pada tanggal 28 April 2014. Observasi kami kali ini, bekerjasama dengan LIPI. Nah, ini dia selengkapnyaaa…..

Kami berangkat dari sekolah menuju pelabuhan muara baru sekitar pukul 07.00 WIB, dan sampai di pelabuhan sekitar pukul 09.00 WIB. Wah kami takjub sekali dengan pemandangan laut yang indah disertai banyaknya kapal-kapal besar. Rasa takjub kami bertambah ketika kami melihat kapal tujuan kami, yaitu Kapal Riset Baruna Jaya VIII. Penasaran dengan bentuk kapalnya? Ini dia fotonya. 

KR. Baruna Jaya VIII

Dan inilah  ruangan pertama yang kami kunjungi saat di KR. Baruna Jaya VIII. Ini adalah ruang navigasi kapal. Ruangan ini dilengkapi dengan beragam peralatan canggih untuk menjalankan kapal. Salah satunya adalah Simrad Planning System (SPS), dengan alat tersebut, hanya perlu mengatur track  tujuan dan kapal dapat berjalan sendiri menuju tempat tujuan.

Ruang Navigasi KR. Baruna Jaya VIII

Setelah itu kami menuju ke ruangan-ruangan lain. Seperti laboratorium, ruang mesin, ruang karaoke, dan lain-lain. 
Ruang Laboratorium

Ruang Mesin

Ruang Makan

Sampai di penghujung acara, kami berkumpul di ruang pertemuan disini perwakilan dari kami memberikan ucapan terimakasih dan kesan-kesan mengunjungi kapal riset Baruna Jaya VIII.

 Bapak perwakilan dari KR. Baruna Jaya VIII

Perwakilan dari KIR SMAN 1 Tambun Selatan 

Kembalinya kami dari KR. Baruna Jaya VIII kami menuju ke tempat pelelangan ikan yang letaknya tidak jauh dari K.R. Baruna Jaya VIII. Disini kami melakukan wawancara kepada para pedagang ikan mengenai kegiatan jual beli yang terjadi di tempat pelelangan ikan tersebut.

Suasana di Pelelangan Ikan

Okee, sekian untuk pembahasan observasi kali ini. Intinya, observasi kami ke Kapal Baruna Jaya VIII dan pelelangan ikan sangat berkesan dan memberikan kami banyak pengalaman. Sampai jumpaaaa

Another Pictures :

Pemandangan kapal-kapal di Pelabuhan Muara Baru

Anggota KIR SMAN 1 Tambun Selatan

Foto bersama guru SMAN 1 Tambun Selatan dengan perwakilan dari K.R. Baruna Jaya VIII

0 komentar:

Posting Komentar